Wednesday, November 19, 2014

Bolu Kukus Gula Merah

Hai semua apakabar?

Maaf lama gak posting disini, karena hp saya rusak sodara sodara. Hiks. Padahal kamera hp nokiyem itu sellalu jadi andalan.

Pas hari ini bisa nulis resep, pinjem hp adik saya hhhee..Beberapa hari lalu ngidam bolkus gulmer ini. Bikinnya gampang lho. Irit lagi. Tapi dulu waktu pertama kali bikin, ada kesalahan. Gula merah yang dicairkan langsung saya siram ke terigu, dan lengket. Susah dimixer. Persis dodol Ternyata harus nunggu gula merah cair-nya dingin dulu.

 Agar bolunya mekar sempurna, terigunya diayak dulu ya. Pastikan baking powder belum kedaluarsa. Kukus selama 20 menit, api sedang. Dan panaskan kukusan selama kurang lebih 10 menit. Tutup kukusan dialasi serbet ya, kalo perlu dua lapis. Airnya tidak menetes dan bolu merekah dengan cantiknya.

Berikut resep bolu kukus gula merah yang saya dapat dari grup NCC:
Bahan:
250 gram tepung terigu (saya pakai segitiga biru)
250 gram gula merah
250 ml air
1 sdt baking powder
100 ml minyak goreng
1/2 sdt garam
Cara membuat:
1. iris tipis gula merah, taruh di panci. Beri 250 ml air, panaskan hingga larut. Tunggu hingga dingin.
 2. Campur terigu, garam, dan baking powder.
3. Kocok campuran terigu dengan cairan gula merah, dengan speed tinggi.
4. Tuangkan minyak goreng. Kocok hingga tercampur rata.
5. Tuang 2-3 sdm adonan ke cup kertas (di dalam cetakan bolu kukus), kukus selama 20 menit.

Tiada yang membuat hati senang kecuali melihat bolu kukus mekar sempurna. Horee..

2 comments:

  1. bahannya gampang banget ya, Mak. Tapi waktunya itu lho yg susah, haha *ini mah emang kaga doyan di dapur, jadina takut mulu mau ke dapur*

    ReplyDelete
  2. :) coba bikin waktu anak lagi tidur..biar konsen
    dulu saya hamil mah masak melulu..sampe ngira anaknya cewek
    padahal pas lahir cowok

    ReplyDelete