Saturday, February 13, 2016

Tips Mengulek Bumbu

Halo, ketemu lagi dengan mama saladin! Maaf ya udah lamaa gak update blog ini, karena kemarin  dikejar deadline, nulis novelet (alesan :p)..Alhamdulillah sukses nulis 54 halaman dalam waktu 16 hari..Tapi masih kalah jauh ama mbak Leyla Hana yang bisa nulis novel dalam waktu 2 minggu . Lha, kok ngomongin novel?: Hehehhe..yuuk back to topic.

Suka masak? Pasti suka ngulek bumbu juga. Capek ngulek? Ini ada tips yang berguna bagi mama dan mbak mbak kece..yuk yaa..yuuk

1. Bersihkan ulekan dan cobek sebelum masak. Nanti kalau mau ngulek bumbu soto, eh bau terasi, hanya karena cobeknya kurang bersih.

2. Gunakan cobek batu. Kalau cobek sekarang kebanyakan terbuat dari semen ya..Rasanya enakan pake yang batu.

3. Setelah bumbu dibersihkan, potong kecil kecil. Kalau ngulek bawang utuh,. nyaho! Kapan halusnya? Jadi, bawangnya dicincang, daun jeruk (yang sudah dibuang tulangnya) disobek kecil.

4. Baca doa sebelum mengulek. Beneran lho, dulu saya pernah makan lalapan bebek + sambal yang enak banget di daerah pantura, sekitar Lamongan. Penjualnya cerita, dia ngulek sambel sambil dibacain shalawat. Logikanya, ion positif dari doa dan zikir akan memperlezat masakan.

5. Beri alas kain pada cobek. Biar cobeknya gak lari ke sana kemari.

6. Capek ngulek? Masukin blender, kasih air, beres! Hehehehe...Tapi sebelum dicampur ke masakan, ditumis dulu ya, sampai airnya menyusut.

Nah, sudah siap ngulek? Tarik maang! Eh, tarik maak! Ulek ulek mantap! 

No comments:

Post a Comment