Tuesday, October 13, 2015

Virus Masak yang Bikin Ketagihan

Anda suka memasak? Kalau saya suka banget, bahkan dulu pernah masak 6 jenis hidangan sekaligus. 
 
Dan sekarang saya menggabungkan dua hobi di blog ini, yaitu memasak dan menulis.
Blog yang ini adalah blog bungsu saya umurnya baru setahun. Saya punya beberapa blog, dipisah aja biar rapi.  Kalau yang ini khusus nyimpan file resep, ada yang resepnya orang, ada yang buatan saya sendiri. Jadi kalau bingung mau masak apa, tinggal buka blog, WUZZ, dapat ide !
Tujuan utama membuat blog ini adalah menularkan "virus" memasak. Seperti motto blog ini "masak itu asyik". Asyik sekaligus aman, karena masakan buatan sendiri dijamin non msg, jelas bahan mentahnya apa, dll.

Memasak adalah skill sekaligus hobi yang mengenyangkan, dan gampang banget. Lho, gimana caranya? Masaknya pakai logika dong.

Yang bikin orang keder saat akan memasak adalah menghafalkan bumbunya. Apalagi masakan indonesia yang rempahnya bisa lebih dari 5 macam. Jadi, mari kita logika-kan cara masaknya. Misalnya kita masak kare ayam, kuahnya kuning kan, jadi pakai kunyit. Rasanya gurih, berarti pakai santan dan garam. Ada juga pewanginya, yaitu daun jeruk dan salam.

Gampang kan? 

Apalagi kalau masak tumisan yang prosesnya lebih sederhana. Jika ingin praktisnya, jangan cincang bawang putih, tapi diparut saja. Masukkan sayur sesaat setelah bawang ditumis, beri sedikit air, taburkan garam dan merica. Aduk aduk, jadi deh! 

Setelah memasak, ritualnya adalah foto - foto !

Belajar food photography juga menjadi keasyikan tersendiri. Tapi foto di blog ini masih standar, jauh dari hasil fotografer profesional. Jadi foto di blog ini menjadi evaluasi, apakah skill memotret saya (terutama pada objek makanan) sudah mumpuni? 

Jika belum, maka harus belajar lagi. Dengan adanya blog ini saya jadi terpacu untuk mengasah kemampuan sebagai food photographer. Lalu bereksperimen dengan berbagai angle, penataan cahaya, dll, agar makanan terlihat cantik dan menggoda selera makan. 

Saya ingin membangun personal branding sebagai seorang food blogger. Duluu jaman ngeblog di multiply, benar-benar tak tahu istilah "personal branding". Nulis ya nulis aja, ada diary, cerpen, resep, dll. Setelah ngeblog di sini dan bergaul dengan blogger lain jadi faham, ternyata ada istilah travel blogger, fashion blogger, food blogger, dll.  

Nah, mengapa ingin jadi food blogger? Karena saya ingin dikenal sebagai mama Saladin yang suka masak dan membagikan resep yang telah dicobanya. Caranya ya dengan rajin nulis resep, dan semoga bisa istiqamah. Kalau bisa, resep - resep disini (buatan saya sendiri) dirangkum dalam sebuah buku.

Lalu,saat menulis isi blog, sementara ini saya hanya menggunakan satu aplikasi, yaitu memo. Sebagai ibu yang punya anak balita lincah, aplikasi ini sangat membantu dalam proses pengisian konten blog. Jika ada ide, tinggal buka hp, lalu tulis di memo. Cuma butuh waktu beberapa menit, dan bisa dilakukan sambil mengasuh anak. Saat anak tidur, baru isinya dipindah ke blog.
 sumber gambar: http://www.tipehp.net/aplikasi-catatan-untuk-handphone-android/catatan-memo/

Jika saya nekat menulis di kertas, maka bolpen-nya akan direbut bocil,  dan kertas akan  berubah jadi  lukisan, hahaha! 

Saat ingin menulis, tapi situasi kurang mendukung, go for it ! Penulis profesional akan menjaga mood dan mencari akal agar bisa terus berkarya.

Last but not least, Mama Saladin alias Avizena Zen ingin  mengucapkan terimakasih untuk Emak Gaoel. Setelah ada giveaway ini, jadi berpikir cara pengembangan blog. Ingin mempercantik header nya, menambah jumlah pembacanya, dll.

Semangat masak dan nulis ! Mari berjibaku di dapur dan blog! Seperti quote di film
Rattatuile, everyone can cook!



Go For It Blog Competition 
 
 
 
 

6 comments:

  1. Waah aku juga ikutan lomba ini, hehe
    Tumisan mang lebih set set set, warna ny cantik, siap diposting

    ReplyDelete
  2. senang memasak plus senang menulis, jadilah blogger :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya :)
      aslinya ngeblog sejak 2008 tapi gak disini, hehehehe

      Delete
  3. Maak.. kaga bisa komen kalau ga punya ID? Tega.. blogku kan bukan di google. wakakakaka

    Btw sukses buat lombanya. ih enak ya bisa masak. aku basic nya ga suka masak. mau dicoba juga ttp ga suka wakakak

    semangaaaat. nanti kuimel 'hadiah' kalau mau. 30 hari menulis blog tips. eheheh

    ReplyDelete